MENJAGA KESEHATAN JANTUNG

Menjaga Jantung

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung adalah salah satu organ kita yang sangat penting dan harus dijaga keberadannya.Tanpa jantung,maka kita tidak mungkin bisa hidup,sehingga sangat perlu untuk menjaga kesehatan jantung.

Angka kematian karena penyakit jantung ini akan selalu bertambah seiring dengan bertambah buruknya gaya hidup masyarakat.Di Indonesia sendiri, penyakit jantung berpotensi tinggi sebagai penyebab kematian.

Apakah anda mau menjadi bagian dari yang terkena resiko ? Tentu saja tidak .Sehingga perlu kesadaran dari kita masing-masing ,bahwa pentingnya jantung untuk dijaga kesehatannya dengan menerapkan pola hidup sehat.

Berikut ini adalah beberapa tips mengoptimalkan dan menjaga kesehatan jantung :

1. Melakukan Relaksasi dan Bernafas.

Melakukan relaksasi secara rutin setiap hari dapat menurunkan tekanan darah dan hormon stress yang bisa mendatangkan malapetaka pada jantung dan sistem kardiovaskular.

Mungkin tips ini bisa dilakukan : Berhentilah sejenak dan ambil napas panjang beberapa kali, pernafasan dalam dan perlahan akan mengurangi beban kerja jantung, membuat jantung lebih kuat dan berkerja lebih efisien. mendapat cukup oksigen, mencegah hipertensi dan membuat jantung lebih awet.

Atau  meregangkan badan dan biarkan tubuh Anda rileks.Melakukan sesi meditasi yoga juga akan memberi manfaat baik bagi jantung .

2. Tidur.

Seseorang yang tidur hanya enam jam atau kurang dari enam jam dalam sehari akan beresiko memiliki banyak protein C – reactive yang berkaitan dengan penyakit jantung.

3. Olahraga secara teratur ,minimal Jalan Kaki.

Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung,dengan cara melancarkan peredaran darah.Olahraga yang bisa dilakukan adalah dengan berjalan kaki.Melakukan jalan kaki dengan cepat selama tiga jam dalam seminggu akan menurunkan resiko terkena penyakit jantung koroner 30 – 40 %.

4.Mengonsumsi Buah.

Banyak mengkonsumsi buah akan membuat jantung sehat dan segar. Misalnya kita mengkonsumsi buah pisang yang akan membantu menurunkan darah tinggi dan menjaga otot jantung, atau buah jeruk, melon dan pepaya yang mengandung vitamin C yang baik untuk jantung.

5.Mengonsumsi Sayuran.

Berbagai macam sayuran yang baik untuk jantung misalnya bayam baik untuk kesehatan pembuluh darah arteri, brokoli yang berfungsi sebagai zat pelindung jantung, tomat yang berfungsi menjaga kerusakan pembuluh arteri.

6. Minum Air Putih.

Memperbanyak minum air putih lebih dari lima gelas sehari akan dapat membantu memperlancar konerja jantung dan darah lebih kental.

7. Senyum.

Senyum dan tawa akan memperlancar sirkulasi darah, mengurangi beban pembuluh darah dan mengurangi penyakit jantung.

8.Berhenti Merokok

Kita semua tahu bahwa merokok dapat menyebabkan kerusakan pada arteri dan paru-paru,akibat kandungan rokok yang berbehaya.Jika tidak bisa langsung berhenti merokok,bisa dikurangi jumlahnya dan perlahan-lahan kita akan berhenti untuk merokok.

Setiap jumlah yang berkurang dalam merokok,bisa membantu jantung tetap sehat.

9.Minum Teh Hijau Tanpa Gula ,Tinggalkan Minuman Bersoda.

Seduhlah sendiri teh hijau dan bawa ke manapun Ande pergi,baik ke kantor atau sekedar berkunjung ke taman.Teh hijau mengandung antioksidan yang baik bagi kesehatan jantung dengan cara mencegah kerusakan pembuluh darah.

Minum dua cangkir teh tanpa gula sehari telah terbukti memiliki manfaat melindungi kesehatan jantung.

10.Makan Kacang-Kacangan Sehat.

Gantilah camilan Anda dengan memakan kcang-kacangngan alami dan menyehatkan.Kcang almond,walnut,dan kacang-kacangan lainnya telah terbukti menurunkan kolestrol LDL (kolesterol jahat) dalam aliran darah.

Kacang-kacangan tentunya mengandung kalori yang cukup tinggi,sehingga jangan berlebihan kita dalam mengonsumsinya.Konsumsilah secukupnya,sehingga dapat melindungi jantung dengan lemak yang sehat.

11.Berhenti Melakukan Kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji

Makanan cepat saji mengandung banyak lemah jenuh,garam ,gula ,bahan pengawet,dan penguat rasa.Hampir semua makanan cepat saji tidak hanya merusak kesehatan jantung,melainkan juga bisa menimbulkan penyakit kronis dan obesitas.

12.Melakukan latihan kekuatan /olahraga beban.

Menambahkan latihan kekuatan atau olahraga beban secara rutin bisa memperkuat otot jantung serta membantu jantung untuk berdetak dan memompa darah lebih efesien.

Meskipun latihan aerobik harus menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari,sesi latihan beban bisa dilakukan dua atau tiga kali dalam seminggu.

Itu dia cara menjaga kesehatan jantung.Cukup mudah bukan ?

Semoga bermanfaat .Dan ingat selalu untuk melakukan pola hidup sehat .Nantikan tips kesehatan berikutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s